student

Mencari Gaya Invetasi Yang Sesuai Untuk Anda

Tidak peduli seberapa cermat anda saat berinvestasi, akan selalu ada sejumlah tingkat resiko yang terlibat didalamnya. Tetapi dengan memilih gaya investasi yang bekerja untuk resikomu/imbalan keinginanmu, usia, dan waktu investasi, anda dapat membantu mengelola seberapa baik portofolio investasi yang ingin anda tampilkan.

Saya telah membuat dasar-dasar ini didalam strategi guna membantu anda untuk lebih memahami gaya investasi yang sesuai untuk anda.

  • Aktif VS Pasif

Seberapa besar keinginan anda untuk mengalahkan pasar? Ini akan membantu anda untuk menjawab pertanyaan “Apakah anda lebih menyukai strategi investasi yang aktif atau pasif?”.

  • Aktif

Investor aktif umumnya ingin melebihi patokan kinerja dari indeks (seperti S&P 500). Mereka biasanya lebih agresif dan bersedia menerima resiko lebih banyak untuk potensi laba yang lebih besar.

Dengan demikian, mereka akan berdagang lebih sering atau memilih untuk berinvestasi didalam dana yang dikelola secara aktif guna menampilkan manajer portofolio perdagangan yang konsisten dan bekerja untuk meningkatkan pendapatan investor itu sendiri. Ini berarti bahwa dana yang dikelola secara aktif umumnya dikenakan biaya yang lebih tinggi dari dana yang dikelola secara pasif, karena biaya perdagangan, staff, dan kebutuhan lainnya lebih sering ditambahkan. Namun perlu diingat, penelitian menunjukkan terdapat sejumlah pedagang aktif atau manajer dana yang dapat mengalahkan pasar secara konsisten.

  • Pasif

Seorang investor pasif umumnya kurang peduli untuk mengalahkan pasar. Sebaliknya, mereka hanya ingin mencapai hasil yang sesuai dengan patokan indeksnya. “Mengapa ada orang yang tidak berusaha untuk mengalahkan pasar?” – anda tentu bertanya seperti itu. Sebagai permulaannya, sangat mustahil untuk melakukannya secara konsisten, yang berarti laba anda harus menderita kerugian. Dan investasi aktif akan memberikan biaya yang lebih besar, dan selanjutnya mengikis laba dari yang anda dapatkan.

Karena alasan inilah, dana yang dikelola secara pasif cenderung lebih terjangkau – hal ini tidak memerlukan tim peneliti sepenuhnya, dan juga tidak menempatkan perdagangan seringkali. Sebagian besar para ahli menyarankan bahwa untuk sejumlah investor, investasi pasif dapat menghasilkan keuntungan terbesar dari waktu ke waktu.

  • Pertumbuhan VS Nilai

Dua hal yaitu pertumbuhan dan nilai adalah strategi investasi yang berfokus pada memilih saham yang dapat memberikan hasil paling baik. Namun, filosofi keduanya mempunyai dasar dan pendekatan yang berbeda secara signifikan.

  • Pertumbuhan

Pertumbuhan dalam investasi berfokus pada perusahaan dengan proyek pertumbuhan yang lebih cepat dari umumnya (lebih dikenal sebagai “pertumbuhan saham”). Dalam sebagian besar kasus, perusahaan-perusahaan ini bertumbuh sangat cepat dan menginvestasikan kembali sebagian dari pendapatannya ke dalam bisnis untuk mendorong pertumbuhan di masa mendatang kelak. Mereka cenderung memiliki rasio biaya lebih tinggi, membuat mereka lebih mahal dari nilai saham.

Manfaat dari investasi dalam pertumbuhan dana adalah hal ini memiliki potensi yang lebih besar untuk mendatangkan keuntungan yang lebih tinggi, tetapi mempertimbangkan bahwa ini juga berarti anda bersedia untuk menerima resiko lebih banyak. Bisa dibilang bahwa saat harga saham naik, anda mungkin akan melakukan dengan baik daripada pasar secara keseluruhan, dan saat harga saham jatuh, anda mungkin akan melakukan kinerja dengan buruk. Tetapi jika anda bersedia untuk menerima resiko yang lebih tinggi untuk menerima potensi laba yang lebih besar, mungkin pertumbuhan dana sesuai untuk anda.

  • Nilai

Nilai investasi berfokus pada perusahaan yang harga sahamnya tidak mencerminkan nilai mereka. Ada sejumlah alasan mengapa saham ini dapat dinilai rendah (seperti publikasi negatif atau lebih rendah dari proyeksi laba), dan anda mungkin dapat memperoleh keuntungan disini. Dalam rangka untuk menemukan jenis dana, investor akan mencari tingkat keamanan yang telah didiskon sehingga pasarnya kurang dari nilai intrinsiknya.

Nilai dana cenderung lebih aman daripada pertumbuhan dana serta umumnya memiliki potensi untuk kedua penghasilan saat ini (seperti dividen) serta apresiasi jangka panjang. Jenis dana yang ideal untuk investor yang suka menghindari resiko.

  • Perpaduan

Perpaduan dana diinvestasikan dalam pertumbuhan dan nilai saham. Ini sangat ideal jika anda bersedia untuk menerima sejumlah resiko dan ingin berinvestasi di perusahaan yang sedang bertumbuh, tetapi juga sekaligus ingin menikmati harga laba yang lebih rendah dan rasio biaya untuk mengembangkan nilai perusahaan.

  • Masalah Kapitalisasi Pasar

Pernahkah anda bertanya-tanya apa perbedaan dari nilai dana yang besar dan nilai dana yang kecil? Ini ada kaitannya dengan kapitalisasi pasar (atau ukuran perusahaan dimana dana itu diinvestasikan). Kelas kapitalisasi pasar didefinisikan sebagai berikut:

  1. Perusahaan berkapitalisasi besar yang memiliki total nilai saham lebih dari US$ 10 miliar.
  2. Perusahaan berkapitalisasi menengah yang memiliki total nilai saham diantara US$ 2 miliar sampai US$ 10 miliar.
  3. Perusahaan berkapitalisasi kecil yang memiliki total nilai saham dibawah US$ 2 miliar.

Dalam sebagian besar kasus, banyak investor yang menghindari resiko ingin mencari saham berkapitalisasi besar atau dana saham yang dapat diandalkan, seperti industri minuman ringan Coca-Cola atau IBM. Dana saham berkapitalisasi kecil cenderung memiliki resiko lebih banyak, tetapi  juga mempunyai potensi keuntungan yang lebih besar.

Jika anda masih belajar tentang investasi, segera lakukan penelitian. Ada berbagai alat finansial via online yang dapat membantu anda guna menentukan strategi investasi dan jenis dana yang sesuai untuk anda. Sebagian besar pakar investasi akan setuju bahwa anda secara alami harus mengurangi toleransi resiko dari investasimu sehingga anda tidak akan ditinggalkan oleh investasi yang beresiko lebih tinggi tepat sebelum anda pensiun. Kebutuhan anda – dan gaya investasi – dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga anda harus menilai kembali portofolio dan gaya investasimu sebagai gambaran finansialmu agar dapat berkembang.

Sorry, comments are closed for this post.